Sudah banyak backlink, posisi web masih kurang bagus di Google?

By | January 29, 2020

Sudah lama mengoptimasi website dan menerapkan berbagai teknik link building namun belum mendapatkan hasil yang memuaskan? Backlink bukanlah sebagai faktor mutlak bagi Google untuk menentukan peringkat sebuah situs di hasil pencarian. Ada banyak faktor yang menentukan peringkat website seperti usia domain dan juga tingkat keoptimalan halaman atau onpage dari website tersebut.

Jika kamu merasa sudah menerapkan backlink dengan benar dan jumlahnya pun sudah banyak tetapi belum mendapatkan rangking yang baik mungkin beberapa hal dibawah ini bisa kamu lakukan.

1. Memperbaiki Meta Title dan Deskripsi

Perbaiki meta title dan deskripsi website dengan terlebih dahulu melakukan riset keyword dan menerapkan kedalamnya. Kamu dapat menggunakan tools seperti dari Google atau Ahrefs untuk mendapatkan kata kunci yang tepat. Buang kata kunci yang terdapat pada tag meta sebelumnya yang bukan merupakan kata kunci pendukung atau turunan.

2. Update halaman yang di optimasi

Langkah berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah memaksimalkan halaman website yang dioptimasi, hal tersebut bisa halaman homepage maupun page lain. Hal yang perlu di perhatikan adalah memaksimalkan konten artikel, menu navigasi dan halaman relevansi lainnya yang perlu diperhatikan. Konten yang baik adalah pondasi awal untuk mendapatkan peringkat yang baik, maksimalkan bagian tersebut.

3. Loading yang cepat

Tingkat kecepatan loading website bisa dipengaruhi oleh 2 hal diataranya adalah desain theme dan script di dalamnya dan juga performa hosting yang kamu gunakan. Buatlah halaman website kamu benar-benar responsif dan cepat ketika diakses baik via dekstop maupun mobile.

Gunakan GT Metrix dan Google Speed Insight untuk menganalisa kecepatan loading website dan performa situs serta pilih layanan hosting dengan server terdekat sesuai dengan target visitor. Misal target visitor adalah dari negara Indonesia maka bisa memilih hosting dengan server Jakarta atau Asia.

4. Cek Search Console Google

Periksa apakah ada error atau kesalahan lainnya yang dilaporkan oleh Webmaster Google dan segera lakukan perbaikan. Webmaster Google didesain agar pemilik situs bisa memaksimalkan situsnya dihasil pencarian, jadi ini merupakan hal yang sangat penting yang wajib kamu perhatikan.

Setelah melakukan beberapa tips diatas segera Fletch as Google atau beritahu Google agar perubahan cepat terindeks dan harapannya dapat berimbas baik. Sekarang hal yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengoptimasi offpage seperti biasa dan tunggu hasilnya semoga Google berpihak pada situs kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *